Apa itu Keputihan? Apa Penyebabnya?

Banyak wanita yang menyepelekan masalah kebersihan alat kelamin mereka. Akibatnya, banyak diantara mereka yang harus menanggung malu akibat keputihan yang dideritanya. Keputihan adalah penyakit yang menyerang daerah organ intim wanita. Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang tumbuh di tempat yang sangat lembap dan kurang terjaga kebersihan nya. Maka dari itu, sebelum anda merasakan penderitaan ketika terserang penyakit ini, maka ada baiknya jika anda mulai sekarang melakukan tindakan pencegahan yang dapat menyebabkan anda terhindar dari penyakit keputihan. Untuk menjaga daerah di sekitar kelamin anda dari serangan penyakit keputihan sebenarnya mudah saja. Anda hanya dituntut untuk sedikit lebih peduli terhadap kebersihan kelamin anda. Sebelum anda menanggung malu akibat keputihan yang nantinya anda derita, sebaiknya ubah cara hidup anda. Buatlah anda menjadi pribadi yang menghargai kebersihan terutama kebersihan di daerah kelamin anda. Ingatlah, kelamin anda adalah harta anda yang paling berharga. Bagi para ibu yang sudah menikah atau pasangan yang baru saja menikah, usahakan bahwa anda terhindar dari penyakit ini karena akan sangat mengganggu aktivitas bercinta anda.

Untuk mencegah rasa malu akibat keputihan yang diderita, yang anda harus lakukan pertama kali adalah untuk menjaga daerah kemaluan anda gara tetap selalu kering dan bersih. Jika anda belum mengetahui, sebenarnya penyebab keputihan adalah tumbuhnya jamur di sekitar alat kelamin anda. Jamur akan tumbuh di sekitar kelamin anda apa bila kelamin anda dalam keadaan lembap dan kotor. Jadi, untuk mencegahnya anda hanya disuruh untuk menjaga daerah di sekitar kelamin anda untuk tetap kering dan bersih. Keringat merupakan salah satu faktor yang menyebabkan lembap nya permukaan kulit di sekitar alat kelamin anda yang akhirnya akan menyediakan tempat untuk jamur tumbuh. Sebelum anda merasakan penderitaan akibat keputihan, anda harus bisa menjaga selangkangan anda agar tetap kering. Caranya sangat gampang, anda bisa menggunakan handuk yang bersih untuk mengeringkan daerah kewanitaan anda ketika anda selesai membuang air kecil atau sehabis mandi.

Selain itu, anda juga bisa menjaga kebersihan daerah kewanitaan anda dengan menggunakan cara tradisional. Cara tradisional apakah yang dimaksud? Cara tradisional yang dimaksud adalah dengan membersihkan kelamin anda dengan air rendaman sirih. Sudah banyak wanita yang mencoba cara ini dan berhasil menghindarkan dirinya dari rasa malu akibat keputihan. Daun sirih sudah dipercaya secara medis untuk mengobati dan mencegah keputihan. Maka dari itu, anda bisa mencobanya dengan aman. Caranya gampang sekali. Yang anda harus lakukan hanyalah merendam sirih dengan air dingin atau air hangat selama beberapa menit. Sesudah itu, air rendaman tadi bisa anda pakai untuk membersihkan kelamin anda. Lakukan kegiatan ini secara rutin dan anda akan terbebas dari rasa tidak nyaman akibat keputihan. Keputihan terjadi jika vagina mengeluarkan semacam lendir atau cairan seperti nanah. Setiap wanita secara normal akan mengeluaran sedikit cairan vagina, yang jernih, menyerupai warna susu atau sedikit kekuningan.

Jika pengeluaran cairan ini tidak menimbulkan rasa gatal atau tidak berbau busuk, mungkin hal ini bukan merupakan masalah. Sering kali seorang wanita, terutama selama masa kehamilan, mengalami keputihan yang disertai rasa gatal di dalam vagina.

Beberapa tip mengobati keputihan (secara umum)

  1. Bersihkan vagina secara teratur dengan menggunakan produk pembersih yang berbahan dasar susu
  2. Hindari penggunaan produk berbentuk bedak karena akan memicu pertumbuhan jamur
  3. Memastikan vagina selalu dalam keadaan kering saat berpakaian
  4. Gunakan celana dalam yang kering
  5. Celana dalam yang mudah menyerap keringat layak untuk dijadikan pilihan tepat
  6. Sebisa mungkin hindari pemakain celana jins karena akan mengganggu masuknya udara ke organ vital
  7. Teratur mengganti pembalut saat menstruasi

Faktor Pemicu/Penyebab Keputihan (Pek Tay) Pada Alat Kelamin Wanita

Pengertian umum dari keputihan adalah penyakit kelamin pada perempuan (vagina) di mana terdapat cairan berwarna putih kekuningan atau putih kekelabuan baik encer maupun kental, berbau tidak sedap dan bisa menyebabkan rasa gatal. Hampir semua wanita pernah mengalami keputihan atau pektay dalam bahasa cina. Penyakit gangguan alat reproduksi wanita ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal, yaitu jamur, bakteri, virus dan parasit. Di bawah ini merupakan penjelasan singkat masing-masing faktor pemicu atau penyebab keputihan tersebut :

 

Jamur
Umumnya disebabkan oleh jamur candida albicans yang menyebabkan rasa gatal di sekitar vulva / vagina. Warna cairan keputihan akibat jamur berwarna putih kekuning-kuningan dengan bau yang khas. Keputihan jamur bisa diakibatkan oleh kehamilan, penggunaan pil KB, steroid, diabetes, obesitas, antibiotik, daya tahan tubuh rendah, dan lain sebagainya.

Bakteri
Biasanya diakibatkan oleh bakteri gardnerella dan keputihannya disebut bacterial vaginosis dengan ciri-ciri cairannya encer dengan warna putih keabu-abuan beraroma amis. Keputihan akibat bakteri biasanya muncul saat kehamilan, gonta-ganti pasangan, penggunaan alat kb spiral atau iud dan lain sebagainya.

Virus
Keputihan yang diakibatkan oleh virus biasanya bawaan dari penyakit hiv/aids, condyloma, herpes dan lain-lain yang bisa memicu munculnya kanker rahim. Keputihan virus herper menular dari hubungan seksual dengan gejala ada luka melepuh di sekeliling liang vagina dengan cairan gatal dan rasanya panas. Sedangkan condyloma memiliki ciri gejala ada banyak kutil tubuh dengan cairan yang bau yang sering menyerang ibu hami.

Parasit
Keputihan adalah sebutan umum untuk infeksi pada vagina dan bagian luar genital (vulva) yang disebabkan oleh jamur. Keputihan adalah infeksi yang sangat umum. Tiga dari empat wanita di dunia pernah mengalami keputihan minimal sekali dalam hidupnya. Semua wanita dapat terkena tanpa memandang umur, latar belakang, pekerjaan atau kondisi lainnya. Keputihan dapat bersifat fisiologis dan patologis (penyakit). Secara fisiologis keputihan terjadi menjelang dan sesudah menstruasi, pada saat terangsang seksual atau mengalami stress emosional. Keputihan seperti ini wajar terjadi pada wanita.

Keputihan ini bersifat patologis (penyakit keputihan) akan diikuti dengan gejala keluarnya lendir secara berlebihan, berwarna putih atau kekuningan dan berbau gatal, jarang terjadi rasa nyeri tetapi beberapa wanita merasakan nyeri pada saat berhubungan intim dan daerah yang terinfeksi menjadi bengkak. Jadi keputihan selain mengganggu kenyamanan aktivitas juga mengurangi keharmonisan hubungan suami isteri

Para penderita keputihan :

  • Berusia Subur
  • Hamil
  • Memiliki berat badan berlebihan
  • Mengidap penyakit kencing manis
  • Mengidap penyakit kelamin
  • Menggunakan pil KB atau obat tertentu
  • Sering memakai celana ketat
  • Sering menggunakan produk pembilas vagina

 

Jadi KEPUTIHAN yang NORMAL :
Dapat terjadi pada masa ovulasi yaitu kurang lebih 12 – 14 hari setelah menstruasi. Dalam keadaan terangsang atau birahi. Dalam keadaan Stres Emosional

KEPUTIHAN yang TIDAK NORMAL :
Seringkali terjadi karena infeksi jamur ,bakteri ,atau parasit.

Infeksi jamur biasanya dari golongan Candida atau Monilia akibat perubahan kadar hormon ,gula darah ,atau rendahnya dayatahan tubuh. Dari golongan bakteri biasanya Hemofilus Vaginalis. Bakteri ini jahat dan dapat ditularkan melalui hubungan kelamin. Infeksi Parasit biasanya adalah dari golongan TRIKOMONAS dan dapat ditularkan melalui hubungan kelamin.

Selain oleh sebab-sebab yang disebutkan diatas keputihan abnormal juga dapat disebabkan oleh karena :
Luka , penyakit keganasan misalnya tumor ,benda asing akibat pemakaian tampon atau spiral dan Penyakit Hubungan Seksual (PHS) misalnya Gonore atau Raja Singa dan AIDS

KOMPLIKASI :
Bila penyakit keputihan ini tidak diobati secara tuntas ,maka infeksi dapatmerembet ke rongga rahim kemudian kesaluran telur dan sampai ke indung telur dan akhirnya ke dalam rongga Panggul .Tidak jarang wanita yang menderita keputihan yang kronik (bertahun-tahun) menjadi mandul

Komentar ditutup, tetapi trackback dan pingback dibuka.